Jumat, 23 November 2012


1. Uraikan cara membuat blog di www.wordpress.com
                JAWABAN

1. Buka Browser anda dan kemudian ketikan alamat ke http://www.wordpress.com tunggulah sampai halaman wordpress muncul.
2. Setelah Halaman WordPress terbuka secara penuh anda klik button get started pada halaman depan wordpress seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog wordpress
3. Setelah Anda klik button seperti yang diatas anda akan diarahkan ke halaman pengisian formulir pendaftaran seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog wordpress
4. Langkah selanjutnya anda diminta untuk pergi ke email anda untuk melakukan aktifasi blog.
cara membuat blog wordpress
5. Jika Anda sudah masuk ke email Anda klik link yang ada di pesan email anda.
cara membuat blog wordpress
6. Setelah Anda klik anda akan diarah kan untuk pemilihan template yang akan anda gunakan silahkan pilih yang anda suka.
cara membuat blog wordpress
7. Setelah Anda klik template pilihan anda anda harus klik aktivasi template anda seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog wordpress
8. Setelah itu Anda masuk ke dashboard untuk melihat halaman admin blog anda seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog wordpress

2. Uraikan cara membuat blog di www.blogdetik.com
JAWABAN
  1. Akses halaman Blogdetik.com
  2. Lalu klik button Daftar Sekarang yang berlatar biru terang.
    Daftar Sekarang
    Daftar Sekarang
  3. Kemudian isi Nama Pengguan dan Alamat E-mail anda.
    Isi data diri anda
    Isi data diri anda
    Jangan lupa untuk membiarkan radio buttonnya dengan Gimme a Blog!terseleksi.
    Dan selanjutnya klik Berikutnya»
  4. Berikutnya anda aka diminta untuk mengisi domain yang ingin anda pilih.
    Isi domain dan judul blog anda
    Isi domain dan judul blog anda
    Pilihlah nama Blog Domain dengan bijak dan sesuai keinginan anda. Contohnya namaanda.blogdetik.com.
    Dan jangan lupa juga untuk mengisi Judul Blog anda di kolom Blog Title.
    Jika sudah klik Signup»
  5. Sampai disini anda telah berhasil untuk membuat akun di Blogdetik.com, tetapi sebelum menggunakannya anda harus memverifikasi alamt email anda agar Blogdetik.com dapat memberikan password admin pertama anda.
  6. Masuklah ke email anda dan klik link dari Blokdetik.com
    Verifikasi akun email anda
    Verifikasi akun email anda

3. Uraikan cara membuat blog di www.blogger.com
JAWABAN

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandigmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger). 

    login gmail 
  3. Isilah formulir yang ada :
    1. Nama tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog anda.
    2. Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin anda, misal : pria.
    3. Penerimaan Persyaratan : Beri tada ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yangtelah di tetapkan oleh pihak blogger. Saran: sebaiknya anda membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar anda tahu dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.
    4. Klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”. 

      lanjutkan membuat blog
  4. Klik tombol “Blog Baru”. 

    buat blog baru 
  5. Isilah formulir :
    1. Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, misal : Coretan sang penghayal
    2. Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan.
    3. Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali).
    4. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”. 

      buat blog 
    5. Sampai disini blog anda telah berhasil di buat.
  6. Untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda langsung posting sembarang saja. Klik tulisan “Mulai mengeposkan”. 

    mulai posting 
  7. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”. 

    publikasikan 
  8. Silahkan lihat blog anda dengan klik tombol “Lihat Blog
  9. Selesai.



4. Uraikan cara membuat groupyahoo.com ?

- Buka Yahoogroups dengan alamat http://groups.yahoo.com/
- Klik Start your group.
- Pilih Yahoo!Group Category dari group yang akan anda buat.
- Isi form Describe Your Group berupa nama, alamat dan deskripsi group anda.
- Atur cara pemakaian Yahoo Group anda oleh member dengan klik Get Started.
5. Apa yang dimaksud dengan :

 a. ADSL
  kepanjangan dari   Asymmetric Digital Subscriber Line  salah satu bentuk Digital Subscriber Line, suatu    teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.teknologi ini memiliki bit rate yang berbeda antara arah kirim(upstream) dan arah terima(downstream). Kecepatan upstream-nya berkisar antara 16 kbps hingga 640 kbps, sedangkankecepatan downstream-nya antara 1,544 Mbps hingga lebih dari 7 Mbps. Karenanya ADSLsangat ideal untuk layanan internet/intranet, video on demand dan remote LAN access.Karena biasanya penggunapengguna aplikasi tersebut lebih banyak membutuhkan menerimainformasi/download daripada mengirim informasi

b.TCP/IP
(singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang  digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu  komputer   ke  komputer  lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapatberdiri sendiri, karena memang protokol ini  berupa kumpulan protokol (protocolsuite).Protokol ini juga merupakan protokol yang paling  banyak  digunakan saat ini.Data tersebut diimplementasikan  dalam bentuk   perangkat lunak  (software)  di  sistem operasi.  Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
Protokol TCP/IP terbentuk dari 2 komponen yaitu Transmission Control Protocol (TCP) danInternet Protocol (IP).
Tujuan dari TCP/IP adalah untuk membangun suatu koneksi antar jaringan (network),dimana biasa disebut internetwork, atau intenet, menyediakan pelayanan komunikasiantar jaringan yang memiliki  bentuk  fisik yang beragam. Tujuan yang jelas adalah menghubungkan  empunya (hosts) pada  jaringan   yang  berbeda,  atau mungkin terpisahkan secara geografis pada area yang luas.

c. UTP
UTP atau kepanjangannya Unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. 
Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.
Dalam pemakaian sehari-hari, kabel UTP sudah sangat baik digunakan sebagai kabel jaringan komputer misalnya dalam kegunaan ruang kantor atau dalam sistem jaringan suatu perusahaan. Mengenai beberapa kelemahan dan kekurangan kabel UTP yang tidak tahan terhadap medan elektromagnetik dan kerusakan benturan benda keras, masih bisa diatasi dengan memasang pelindung luar misalnya seperti pipa plastik. 
d. IP Address                                                                                                                                  
adalah protokol komunikasi utama yang digunakan untuk menyampaikan datagram (paket) di sebuah internetwork menggunakan Internet Protocol Suite. Bertanggung jawab untuk routing paket melintasi batas-batas jaringan, itu adalah protokol utama yang membentuk Internet, IP adalah protokol utama di Layer Internet Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas memberikan datagrams dari host sumber ke host tujuan hanya berdasarkan alamat mereka. Untuk tujuan ini, IP mendefinisikan pengalamatan metode dan struktur untuk enkapsulasi datagram. Secara historis, IP datagram service yang connectionless dalam Program Transmission Control asli diperkenalkan oleh Vint Cerf dan Bob Kahn pada tahun 1974, yang lainnya adalah berorientasi koneksi Transmission Control Protocol (TCP). Internet Protocol Suite Oleh karena itu sering disebut sebagai TCP / IP. Versi besar pertama dari IP, sekarang disebut sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4) adalah protokol yang dominan dari Internet, meskipun penerus, Internet Protocol Version 6 (IPv6) adalah aktif, penyebaran di seluruh dunia yang tumbuh.

Alamat IP
 (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP, Internet Assigned Numbers Authority (IANA) yang mengelola alokasi alamat IP global.
Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya. Walaupun alamat IP disimpan sebagai angka biner, mereka biasanya ditampilkan agar memudahkan manusia menggunakan notasi, seperti 208.77.188.166 (untuk IPv4), dan 2001: db8: 0:1234:0:567:1:1 (untuk IPv6).Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork. Jumlah bit ini ditunjukkan dalam notasi CIDR, yang ditambahkan ke alamat IP, misalnya, 208.77.188.166/24. Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yaitu IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6).

e. ISP
 Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.

 Fungsi ISP
·                     Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
·                     Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
·                     Menyediakan modem untuk dial-up.
·                     Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
·                     Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
·                     Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
·                     Memberi tempat untuk homepage.
·                     ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk   pelanggannya.

6. Apa yang di maksud Netmeeting dan bagaimana cara Setup Netmeeting?
NetMeeting merupakan aplikasi perangkat lunak untuk konferensi audio dan video. NetMeeting menawarkan berbagi desktop, audio video chat, dan fungsi transfer file. NetMeeting mendukung server direktori dan jasa. Menggunakan NetMeeting secara otomatis dapat mendaftar dengan direktori ketika mereka mulai klien NetMeeting mereka.
Cara setup:
• Klik kanan pada START MENU LALU PILIH EXPLORE 
• Lalu pada jendela explore pilih Control Panel – Network Connections – Klik kanan pada gambar komputer jaringan – pilih properties

• Lalu pada jendela Local Area Connection Properties – Pilih Internet Protocol (TCP/IP) – Properties. 

• Kemudian anda akan dibawa pada jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties, Jika Telah tercentang yang pertama kali Obtain an IP Address Automatically dan Obtain DNS Server address Automatically itu menandakan bahwa IP anda telah terkonfigurasi secara automatis dari server dan jika Use The Following IP Address, Use The Following DNS Server Address itu menandakan bahwa jaringan anda terkonfigurasi secara manual dan lakukanlah pemberian IP Address secara manual.
• Lalu Klik kanan Pada Gambar komputer jaringan seperti pada gambar 2 dan pilih Enable agar dapat terkoneksi baik dengan server atau secara peer to peer. “Gambar 7″
• Setelah mengklik Enable pada gambar komputer jaringan Komputer akan melakukan konfigurasi yang telah anda masukkan apakah dapat terkoneksi dengan komputer lain atau tidak
2. Jika semua konfigurasi telah terpasang dengan benar dan jaringan dapat salingberkomunikasi maka langkah berikut yang perlu anda perhatikan adalah mengkonfigurasi NetMeeting yaitu aplikasi chat tanpa harus on-line yang terdapat dalam fitur windows xp. Berikut langkah-langkahnya.
• Klik Start Menu, kemudian pilih “run”. Pada run ketikkan “conf”, lalu OK
• Kemudian Akan Muncul Jendela NetMeeting, Klik Next Untuk melanjutkan.
• Setelah klik Next akan Muncul tabel kosong, yang berisi First Name, Last Name, dan Email address dan isikanlah tabel yang kosong tersebut untuk menandakan identitas bahwa anda telah membuat suatu account. Kemudian Next.

• Kemudian anda akan di bawa pada jendela berikutnya yaitu anda di suruh untuk mencentang dua pilihan pada jendela tersebut, centanglah Log on to a directory server when NetMeeting Start lalu pilih server yang anda kehendaki. Disini menandakan anda akan masuk dan membuat directory pada server NetMeeting sebelum anda menggunakannya, kemudian klik next.
• Pada jendela berikutnya anda diminta untuk memilih tipe koneksi anda atau modem yang anda gunakan. Pilih local area network dan klik next.
• lalu anda diminta untuk memberikan shortcut, disini tidak diwajibkan untuk mencentang karena sesuka hati anda jika ingin membuat shortcut centang saja kedua-duanya.

• Lalu anda akan di bawa pada jendela audio tuning wizard yaitu sebuah fitur tambahan dari netmeeting agar bisa menggunakan suara saat berchating dengan menggunakan mic atau heatset lalu klik next.

• Pada jendela volume tentukanlah volume yang di inginkan lalu klik next.

• Kemudia pada jendela record volume tentukanlah volume yang anda inginkan juga.

• Kemudian anda akan di bawa pada jendela audio tuning wizard yang menyatakan bahwa semua konfigurasi telah selesai lalu klik finish.

• Dan anda akan di bawa pada tampilan netmeeting.

3. Setelah kofigurasi semua selesai masukkanlah no ip address teman anda untuk dapat terkoneksi dengan teman anda dan tunggulah sampai proses waiting respon selesai.
4. Karena anda telah mengklik Log on to a directory server when NetMeeting Start
maka daftar-daftar orang yang menggunakan netmeeting akan secara automatis masuk
dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar